Selasa, 29 November 2011

CARA MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET


Langkah yang pertama yaitu melebarkan bandwith Koneksi internet ke komputer yang Anda pakai.
Langkah-langkahnya:
  1. klik start menu dan jalankan Run
  2. Ketik “gpedit.msc” dan klik OK
  3. di groupnya Computer Comfiguration, Klik 2x Administrative Template, klik 2x Network, klik 1x Qos packet Scheduler, lihat jendela sebelah kanan, cari kata “Limit reservable bandwidth” pilih enabled dan set nilai dengan angka 0, klik OK
  4. restart komputer dan browse internet seperti biasa.
Langkah berikutnya dengan mengubah setingan default mozilla Firefox.

Langkahnya yaitu merubah konfigurasinya dengan cara :
Buka Browser Mozilla anda dan ketikkan about:config lalu enter.
Cari dan Ubah data-data seperti dibawah :
network.http.pipelining >> true
network.http.proxy.pipelining >> true
network.http.pipelining.maxrequests >> 100 (isikan antara 30-100 semakin besar semakin cepat)
setelah selesai klik kanan dimana saja dan pilih New >> Integer, isikan dengan nama nglayout.initialpaint.delay dan isi valuenya dengan 0.
Hati-hati ketika melakukan perubahan terhadap konfigurasi mozilla. Jangan merubah data yang lain, sebab akan dapat menyebabkan mozilla anda tidak berjalan dengan sempurna.

Selamat mencoba. 

BASMALAH DALAM SHOLAT

Bacaan basmalah, apakah dibaca jahr (keras) atau dibaca sirr (lirih), oleh imam shalat di dalam shalat-shalat jahriyah (maghrib, Isya' dan shubuh), adalah merupakan salah satukhilaf di kalangan para ulama. Khilaf itu sudah berlangsung berabad-abad yang lalu, dan hingga kini masih tetap khilaf. Apa mau dikata?

Dan salah satu sebabnya, karena para ulama berbeda pendapat, apakah basmalah itu bagian dari surat Al-Fatihah atau bukan?

Kalau kita telusuri kitab-kitab fiqih para ulama, kita akan menemukan perbedaan itu di kalangan para ulama mazhab. Kami akan kutipkan di sini bentuk-bentuk perbedaan pendapat itu.

1. Mazhab Asy-Syafi'i

Menurut mazhab As-Syafi`iyah, lafaz basmalah (bismillahirrahmanirrahim) adalah bagian dari surat Al-Fatihah. Sehingga wajib dibaca dengan jahr (dikeraskan) oleh imam shalat dalam shalat jahriyah. Dalilnya adalah hadits berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bila kamu membaca Alhamdulillah(surat Al-Fatihah), maka bacalah bismillahirrahmanirrahim, karena Al-Fatihah itu ummul Quran`, ummul kitab, Sab`ul matsani. Dan bismillahirahmanirrahim adalah salah satu ayatnya." (HR Ad-Daruquthuny).

Hadits yang senada juga diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dengan isnad yang shahih dari Ummi Salamah.

Di dalam kitab Al-Majmu` karya Al-Imam An-Nawawi, ada 6 orang shahabat yang meriwayatkan hadits tentang basmalah adalah bagian dari surat Al-Fatihah. (lihat kitab Al-Majmu` jilid 3 halaman 302)

2. Mazhab Malik

Sedangkan pandangan mazhab Al-Malikiyah, basmalah bukan bagian dari surat Al-Fatihah. Sehingga tidak boleh dibaca dalam shalat baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Dan juga baik dalam shalat jahriyah maupun sirriyah.

3. Mazhab Ahmad bin Hanbal

Sedangkan dalam pandangan ulama di kalangan mazhab Al-Hanabilah yang dibangun oleh imam Ahmad bin Hanbal, basmalah adalah bagian dari surat Al-Fatihah, namun tidak dibaca secara keras (jahr), cukup dibaca pelan saja (sirr).

Pilihan Kita

Yang mana saja dari pendapat itu, semua jelas memiliki landasan syar'i dan ijtihad di kalangan ulama yang tentunya dapat dipertanggung-jawabkan. Dan perbedaan ini bukan ajang untuk saling menjelekkan, apalagi saling mengkafirkan.

Sebab para ulama yang berbeda pendapat itu tetap saling bershahabat, bahkan mereka menjadi guru dan murid. Imam Malik adalah guru Imam As-Syafi'i. Dan Imam Ahmad bin Hanbal berguru kepada Al-Imam Asy-Syafi''i. Selain bershahabat, mereka saling menghormati dan saling mengagumi. Bahkan banyak tertulis dalam kitab-kitab bahwa mereka saling memuji. Luar biasa.

Tetapi lucunya, orang-orang yang kurang ilmunya di masa sekarang ini lebih mudah untuk saling mencaci, memaki dan menuding. Orang yang tidak sepemikiran dengannya, lebih sering didudukkansebagai lawannya yang harus dienyahkan. Minimal, di dalam pengajian-pengajian, adakebiasaan untuk salingmenyudutkan dan mengoblok-goblokkan. Naudzubillah

Akhirnya majelis ilmu yang harusnya berisi nasehat, ilmu dan keberkahan, berubah menjadi ajang untuk hasad, dengki dan sombong, bahkan seringkali malah menjadi majelis laknat dan kutukan. Isinya tidak lain menganggap semua orang salah, terkutuk dan terlaknat. Sungguh amat disayangkan memang. Seandainya mereka bisa sedikit lebih tawaddhu' sebagaimana para ulama di masa lalu, tentu alangkah indahnya ukhuwah Islamiyah.

Entah kapan hal itu akan terjadi lagi.

Wallahu a'lam bishshawab

NIAT SHOLAT

TUNTUNAN NIAT SHOLAT

Selama ini kita mengerjakan sholat sebagaimana yang diajarkan di sekolah maupun di rumah. Akan tetapi, kita hanya mengikuti apa yang diajarkan itu tanpa meninjau dalil yang mendasari. Padahal ketika kita melakukan sholat artinya kita melakukan suatu ibadah yang akan dihisab pertama kali. Maka, hendaklah kita mengevaluasi ibadah kita agar betul-betul seperti yang dicontohkan Nabi.
Sholat adalah salah satu ibadah yang telah ditentukan waktunya yang di lakukan beberapa kali dalam sehari, dalam jumlah raka’at tertentu berdasarkan jenis sholat yang di lakukannya, mempunyai syarat sah dan rukun-rukun yang harus di penuhi. Ibadah ini dikatakan sholat karena sholat menjadi penghubung (shillah) antara seorang muslim dengan Alloh. Sesungguhnya manusia, jika berdiri mengerjakan sholat, maka dia bermunajat kepada Alloh dan berdialog denganNya. Mungkin ada sebagian sahabat anda mengatakan kepada anda “Tolong jangan ganggu aku karena aku akan berdialog kepada Alloh sebentar” maksud perkataan sahabat anda adalah dia akan mengerjakan sholat.
Sholat mempunyai satu syarat yang membedakan antara jenis sholat yang satu dengan sholat yang lainnya atau bahkan antara jenis ibadah yang satu dengan ibadah lainnya yaitu niat. Niat adalah syarat awal ketika seseorang hendak melakukan sesuatu meliputi ibadah termasuk sholat, pekerjaan, dll dan tempat niat adalah di dalam hati. Niat adalah syarat fundamental dalam sebuah amal akan tetapi tidak berlebihan dalam melakukannya maksudnya tanpa membebankan diri dengan pengucapannya. Contohnya, melafadzkan niat ketika akan sholat. Bahkan seorang ulama menjelaskan bahwa melafadzkan niat merupakan suatu kekurangan dalam akal dan agamanya. Seseorang melafadzkan niat ketika sholat itu merupakan bukti bahwa dia mempunyai perhatian yang kurang terhadap petunjuk Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam dalam masalah sholat. Bahkan beliau bersabda “Shalatlah kalian, sebagaimana kalian melihat aku sholat” (Hadist Riwayat Bukhori, Muslim dan Ahmad) itu berarti setiap muslim wajib untuk mencontoh bagaimana beliau melaksanakan sholat dari awal hingga akhir. Tidak boleh dari awal saja sampai pertengahan atau juga tidak boleh dari pertengahan saja hingga akhir akan tetapi dari awal hingga akhir.
Alangkah baiknya sebuah kisah bahwa dahulu ada seorang laki-laki di Masjidil Haram hendak mengerjakan sholat. Ketika iqamah sudah di baca, dia berkata, ‘Yaa Alloh, sesungguhnya saya berniat akan sholat dhuhur empat raka’at di belakang imam Masjidil Haram”. Kemudian ketika hendak takbir, sang imam berkata kepadanya, “Tunggu dulu, masih ada yang ketinggalan!” orang tadi bingung, “Apa yang ketinggalan?” sang imam berkata “Katakan juga pada hari ini, tanggal ini, bulan ini dan tahun ini sehingga dokumentasinya tidak hilang.” Kemudian orang itupun heran dan terheran-heran. Kemudian ada cerita lagi bahwa pernah seorang teman bercerita kepada saya bahwa kalau dia tidak mengucapkan niat maka sholatnya kurang mantap.
Dalam dua cerita ini kita bisa mengambil faedah besar bahwa segala macam bentuk peribadahan harus di dasarkan dengan petunjuk Alloh dan RosulNya. Sebagaimana halnya dengan melafadzkan niat, Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam tidak melafadzkan niat, tidak memerintahkan umatnya untuk mengucapkannya dan tidak pula di kerjakan oleh seorangpun dari para sahabat beliau. Jadi beliau dan para sahabatnya ketika akan mengerjakan sholat, tidak seorangpun dari mereka yang melafadzkan niat sehingga mengatakan “Usholli fardhul … dst atau saya berniat sholat fardhu ini dan dengan jumlah raka’at sekian”. Alloh Maha Mengetahui apa yang terbetik di dalam hati kita dan perlukah kita memberitahukan kepada Alloh dengan lisan kita ketika akan sholat bahwa kita akan sholat ini dan jumlah raka’atnya sekian? Maka jawabnya, tidak perlu karena Alloh telah mengetahui hal tsb.
Kemudian jika anda di tanya oleh seseorang “Mana dalil yang menyatakan bahwa Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam tidak melafadzkan niat ketika akan sholat?” maka katakanlah “Ada dan inilah dalilnya. Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anha dia berkata “Dulu Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam membuka sholatnya dengan takbir” (Hadist Riwayat Muslim). Hadist ini menjelaskan bahwa beliau tidak membuka sholatnya dengan lafadz niat akan tetapi dengan lafadz takbir”.
Kemudian ada pertanyaan yang sangat menarik “Tadi anda menyebutkan bahwa Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam tidak melafadzkan niat ketika akan sholat akan tetapi beliau memulainya dengan bertakbir. Dan sekarang, mungkinkah jika seseorang berniat bersamaan dengan mengucapkan takbir?”
Maka jawabannya “Tidak mungkin dan itu termasuk hal yang mustahil. Bahkan dalam menanggapi pertanyaan ini Imam asy Syafi’i berkata ‘Tidak ada ucap lisan yang bisa bersamaan dengan kata hati. Mayoritas orang mengaku kesulitan melakukan itu. Siapa yang mengaku bisa membarengkan ucapan lisan dan kata hati berarti dia telah mengaku mengerjakan hal yang tidak masuk akal. Itu di sebabkan karena lisan adalah juru terjemah isi hati. Sedangkan isi hati yang di terjemahkan jelas lebih dahulu ada daripada lafadz niat yang diucapkan. Sangat tidak bisa di bayangkan keduanya bisa bersamaan pada satu waktu. Bagaimana mungkin bisa membarengkan dua hal yang salah satu dari keduanya ada terlebih dahulu’. Jadi sebelum sholat tertentu (sunnah maupun fardhu) anda berniat terlebih dahulu di dalam hati kemudian baru anda bertakbir.”Kemudian muncul masalah menarik ”Suatu saat di malam hari anda tergesa-gesa pergi ke masjid karena takut kehilangan raka’at dalam sholat jama’ah isya’. Kemudian anda bertakbir lalu seketika itu juga hilang dalam pikiran anda sholat apa yang anda kerjakan ini. Apa yang akan anda lakukan?? Apa anda bingung dan akan mengulang sholatnya?”
Maka jawabnya “Anda tidak perlu bingung atau bahkan mengulang sholatnya karena jika anda mengerjakan sholat pada waktunya, itu sudah menjadi bukti bahwa anda ingin mengerjakan sholat tersebut. Maka dari itu, jika anda pergi ke masjid untuk sholat isya’, lalu ada orang yang bertanya kepada anda ‘apakah anda akan sholat dhuhur, asar atau maghrib?’ tentu saja anda akan menjawab tidak dan pasti anda akan menjawab akan sholat isya’. Maka untuk menentukan waktu sholat fardhu yang hilang dari kesadaran bisa di lakukan dengan dua cara:1. Anda menentukan langsung sholat yang sedang dikerjakan di dalam hati. Contohnya, anda berniat dalam hati akan mengerjakan sholat isya’.2.  Selama anda masih dalam waktu sholat yang anda kerjakan atau waktu sholat itu belum habis ketika anda sholat, berarti anda mengerjakan sholat yang di wajibkan pada waktu itu juga.
Cara yang kedua ini bisa di terapkan pada sholat yang di kerjakan tepat pada waktunya. Adapun jika sholat yang di kerjakan itu adalah sholat yang di qadha atau sholat pengganti seperti seseorang yang tertidur sehari semalam sehingga dia harus mengqadha sholat shubuh, dhuhur, ashar dan maghrib maka dia harus berniat dengan niat sholat wajib tertentu karena dia berada di luar waktunya. 
Dari uraian yang singkat ini telah menjadi jelaslah sebuah perkara bahwa kita tidak boleh melafadzkan niat ketika akan sholat karena teladan kita Rosululloh Shalallahu’ Alaihi Wa Sallam tidak melakukannya.
Semoga Alloh selalu memberikan petunjukNya kepada kami dan anda semuanya.