Rabu, 07 Desember 2011

RUMAH ADEM

 Cara menciptakan suasana adem di dalam rumah sehingga nyaman dan betah di rumah.
1. Mengurangi head gain/ sinar matahari yang mengenai bangunan rumah. Pengurangan radiasi matahari dapat melalui “Pembayangan” bangunan lain atau pohon besar di sekitarnya.

2. Dibawah atap – antara penutup atap dan langit-langit – diberi ventilasi semaksimal mungkin, hal ini dimaksud agar udara panas yang ada di bawah penutup atap dapat dialirkan keluar. Jadi panas tidak merambah ke langit-langit melalui proses konduksi.

3. Usahakan agar terjadi aliran udara yang terus menerus di dalam rumah, terutama bagi ruang-ruang yang dirasa panas. Cara ini disebut ventilasi silang. Dari sisi akustik hal ini memang kurang menguntungkan, tapi merupakan pilihan. Hindari menutup seluruh lahan dengan bangunan. Hal ini menyebabkan tidak terciptanya aliran udara yang lancar. Ciptakan ruang-ruang terbuka di sekitar rumah bila lahan memungkinkan, agar ventilasi silang mudah berlangsung.

4. Hindari penempatan ruang-ruang utama, seperti ruang tidur, ruang keluarga dan ruang tamu pada sisi barat, kecuali ada “Pembayangan”. Dinding ruang di bagian barat akan mendapat radiasi matahari siang dan sore yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan ruang menjadi panas.

5. Minimalkan penggunaan material keras (beton, aspal) untuk menutup permukaan halaman, taman, atau tempat parkir jika tak ada peneduh. Material keras yang terkena radiasi matahari langsung akan menaikkan suhu udara di sekitar rumah dan akhirnya membuat ruangan di dalam rumah menjadi panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar